Sabtu, 21 Januari 2017

Kritik dan Judge

Halo halo halo..

Belakangan ini di kehidupan sosialku baik di dunia maya maupun nyata, banyak sekali orang yang demenanya men-judge- orang tanpa mau intropeksi dulu ke dalam dirinya. kalau aku sih di judge nggak papa, berarti dosanya berkurang kan? Tapi ada salah banyak dari kita, yang ketika mereka habis di judge itu malah marah-marah. kadang marah-marahnya bukan ke orangnya malah ke orang lain. Nyebelin kan?

Apa sih Judge itu? kalo menurut aku pribadi, judge itu kayak semacam bully, atau pemberian cap, stigma terhadap orang lain. Mereka dengan bangganya men-cap orang lain dengan seenak mulutnya sendiri. Terus kalau misalnya orang yang di judge itu mentalnya lemah gimana? Ya dia bakalan merasa dirinya paling hina saat itu juga.

Kadang orang awam berpikir bahwa Judge dan Kritik itu sama. Oke, oke, kita telaah dulu. menurut aku sendiri Judge itu nggak ada dampak baik, dan malah kadang bisa membuat hati orang kecil alhasil ntar dia malah nggak ada semangat hidup. Amit-amit yaaaaa.. Nah, kalo kritik itu, setidaknya memberikan saran, atau memberitau mana yang salah atau yang benar. Orang pun bahkan mempunyai bermacam-macam cara untuk mengkritik, bisa jadi dia mengkritik secara baik-baik atau malah pedas dan tajam. tapi penerimaannya itu tergantung kita sendiri.

Pernah nggak sih aku merasa marah kalau dikritik?

Dulu Iya. Sekarang? Sekarang aku mencoba buat menerima kritikan baik itu sepedas apapun menjadi masukan. Setelah aku menelaah dengan baik, *asekk* kayaknya aku sekarang malah harus wajib kudu banyak mendapatkan kritikan. Karena menurut pemikiranku, kritikan itu semacam membuktikan bahwa manusia itu tidak sempurna. Maksudmu tidak sempurna gimana? Iya, karena sejatinya manusia itu tidak luput dari kesalahan. hahaha. Juga kritikan itu bisa membuat kita berjalan lebih baik lagi kedepannya.

Terus ni, setelah aku perhatiin lingkungan sosial ku, sedikit dari mereka menerima kritikan sebagai lambang ketidaksukaan orang lain terhadapnya. Kalau menurutku sendiri sih kritikan itu malah membuat kita sadar bahwa apa yang sudah kita lakukan itu salah. jadi mereka malah baik lho, memberitaukan yang salah.

Jadi buat kita-kita yang merasa di kritik, please jangan marah. Marah-marah itu nggak baik. Terus kalo misalnya kalian udah tau Sa-Lah, tapi nggak mau dkritik dan malah feedback kekita dikira hate speech, cukup aku ketawain aja hahahaha. KAGAK BERKAH HIDUP LU. Ya, kita emang harus belajar pelan-pelan. sedikit demi sedikit, membuka kesabaran hati, kelapangan jiwa dan berpikir positif.

Okee. Makasi udah mau nge-baca opini atau apalah ini. Semoga Bermanfaat ^^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar